Dinas Pertanian Barito Timur Adakan Pelatihan Budidaya Kopi

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 22 Oktober 2019 - 11:18 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Dinas Pertanian Barito Timur melalui bidang penyuluhan dan pengembangan pertanian mengadakan pelatihan teknik budidaya tanaman perkebunan kopi bagi 72 orang petani.

"Pelatihan teknik budidaya tanaman perkebunan kopi ini dilaksanakan di aula kantor Desa Tewah Pupuh dan berlangsung selama 2 hari yakni tanggal 22 - 23 Oktober 2019," kata Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Barito Timur, Riza Rahmadi saat membuka pelatihan, Selasa 22 Oktober 2019 pagi.

Menurut Riza, peserta pelatihan adalah petani dari 3 kelompok tani yang mewakili 3 desa sekaligus 3 kecamatan. Yaitu dari Desa Tewah Pupuh 32 orang petani, Desa Turan Amis 27 orang petani, Desa Apar Batu berjumlah 13 orang petani.

Selain itu, pelatihan tersebut juga diikuti oleh 28 orang penyuluh yang berasal dari pegawai negeri sipil dan penyuluh swadaya yang akan bertugas mendampingi petani.

Kegiatan ini, Lanjut Riza, merupakan bagian dari pelaksanaan program ekonomi kerakyatan yang dicanangkan oleh Bupati Barito Timur, Ampera AY Mebas.

"Pelatihan teknik budidaya kopi memiliki peran yang sangat penting dalam mendukung dan mengawal program utama budidaya kopi menuju terwujudnya swasembada pangan, diversifikasi pangan dan peningkatan nilai tambah dalam rangka peningkatan kesejahteraan petani," kata Riza. (AGUSTINUS BOLE MALO/B-2)

Berita Terbaru