Ribuan Santri Ikuti Kirab Peringati Hari Santri Nasional di Kapuas

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 22 Oktober 2019 - 12:24 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Ribuan santri dan santriwati dari berbagai pondok pesantren yang ada di wilayah Kabupaten Kapuas mengikuti kirab dalam rangka memeringati Hari Santri Nasional di Kapuas pada Selasa, 22 Oktober 2019.

Para santri itu mengenakan pakaian seragam dari masing-masing pondok pesantren dan menggunakan pernak-pernik bernuansa Islam serta membawa bendera merah putih dan lain sebagainya.

Ribuan santri ini mengikuti kirab dengan rapi dan teratur dikawal pihak Satlantas Polres Kapuas dan Dishub Kapuas. Kirab ini juga menyedot perhatian masyarakat yang menyaksikan dari bahu jalan atau depan rumah.

Memulai start di halaman Pondok Pesantren Al-Muhajirin Antang Kuala Kapuas yang ada di Jalan Tjilik Riwut dilepas Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat ini para santri berjalan menuju ke rumah jabatan Bupati Kapuas di Jalan Sudirman Kuala Kapuas sebagai lokasi finish.

Meski cuaca saat ini cukup terik tidak menghalangi semangat para santri yang berjumlah kurang lebih capai 2000 itu dalam mengikuti kirab tersebut.

"Iya, acara kirab ini merupakan lanjutan rangkaian kegiatan setelah upacara puncak peringatan Hari Santri Nasional di Kapuas," ucap Ketua Panitia kegiatan Junaidi saat memberikan sambutan.

Setelah tiba di rumah jabatan Bupati Kapuas para santri akan dijamu, dan juga akan melaksanakan dialog atau ramah tamah dengan jajaran Pemkab Kapuas serta unsur Forkopimda memaknai Hari Santri Nasional yang bertemakan Santri Indonesia Untuk Perdamaian Dunia.

"Selamat hari santri nasional. SDM santri unggul, yang berakhlaq, berilmu dan berkarya menuju Kapuas Barokah," ucap Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat disela pelepasan peserta kirab. (DODI RIZKIANSYAH/B-2)

Berita Terbaru