Ini Fungsi Kelompok Pengelola Sistem Air Minum

  • Oleh Norhasanah
  • 22 Oktober 2019 - 17:46 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - District Coordinator Pamsimas Kabupaten Sukamara, Rindawati menjelaskan, fungsi dari Kelompok Pengelola Sistem Air Minum (KPSAM) untuk mengorganisasi pelestarian sumber daya air.

"KPSAM ini memiliki beberapa fungsi, termasuk pengetahuan masyarakat tentang kelestarian sumber air," kata Rindawati pada pelatihan KPSAM, Selasa, 22 Oktober 2019.

Selain itu, Kelompok Pengelola Sistem Air Minum juga berfungsi untuk memberikan masukan terhadap rencana operasional dan pemeliharaan untuk sarana terbangun, seperti rencana besar iuran air dan proses pengelolaan keuangan.

"Mereka juga harus mengelola pelayanan air minum dan sanitasi sesuai kesepakatan masyarakat, serta mengorganisasi masyarakat untuk pelaksanaan pemeliharaan dan perbaikan, terutama jika dalam jumlah dan volume yang besar," ujarnya.

KPSAM juga berfungsi merealisasikan kegiatan yang tertuang dalam RKM, yang berkaitan dengan tahap pascakontruksi dan PJM Pro-aksi.

"Dengan mengetahui fungsinya, diharapkan masyarakat yang tergabung dalam KPSAM ini dapat melaksanakan tugas dan fungsinya," kata Rindawati. (NORHASANAH/B-11)

Berita Terbaru