Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Literasi Berperan Penting untuk Mendorong Perubahan Kualitas Hidup

  • Oleh Testi Priscilla
  • 22 Oktober 2019 - 20:16 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kegiatan literasi dan penyediaan informasi berperan penting dalam mendorong perubahan kualitas hidup. Yakni menciptakan masyarakat yang mempunyai kemampuan literasi lebih tinggi.

Hal itu dikatakan Perwakilan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, Sudarto dalam kegiatan Peer Learning Meeting Provinsi Kalimantan Tengah bertajuk Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial, Literasi untuk Kesejahteraan di Palangka Raya, Selasa, 22 Oktober 2019.

"Program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial juga harus menjangkau kepada masyarakat di pedesaan, dalam rangka mendekatkan masyarakat terhadap akses informasi yang berkualitas. Sehingga, mengurangi kesenjangan dengan penduduk perkotaan, serta mengurangi angka urbanisasi," kata Sudarto.

Perluasan transformasi perpustakaan ke tingkat desa juga merupakan upaya memperluas program dan mendekatkan akses informasi kepada masyarakat, untuk memfasilitasi kebutuhan masyarakat.

"Selain itu, perpustakaan diharapkan menjadi pusat bagi masyarakat untuk berkegiatan dan terkoneksi satu dengan yang lain, sehingga terjadi proses belajar yang mendorong kesempatan untuk menciptakan inovasi dan kreativitas yang positif serta produktif di antara masyarakat," tegasnya.

Sudarto menjelaskan kegiatan Peer Learning Meeting yang digelar itu memiliki tujuan memperkuat peran perpustakaan dalam meningkatkan kualitas SDM Indonesia, melalui peningkatan kemampuan literasi.

"Diharapkan program ini menjangkau masyarakat di semua kalangan, mulai dari anak usia pra sekolah sampai usia lanjut, semua punya hak akses kepada perpustakaan," tuturnya. (TESTI PRISCILLA/B-11)

Berita Terbaru