Pamsimas III Sukamara Bentuk Asosiasi KPSAM Perdesaan

  • Oleh Norhasanah
  • 22 Oktober 2019 - 22:26 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Penyedia Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) III Kabupaten Sukamara akan membentuk Asosiasi Pengelolaan Kelompok Pengelola Sistem Air Minum (KPSAM) Perdesaan.

"Asosiasi ini memainkan 2 peran penting yaitu sebagai perwakilan KPSPAM dan sebagai mitra pemerintah serta pihak lainnya yang berkepentingan dalam pembangunan air minum perdesaan," ucap Distrtd Coordinator Pamsimas Kabupaten Sukamara, Rindawati, Selasa 22 Oktober 2019.

Menurut Rindawati, Pemerintah Kabupaten Sukamara melalui Pokja AMPL dan DPMU menjadi bagian penting untuk mendorong dan membina Asosiasi KPSAM perdesaan agar lebih terampil dan mandiri dalam pengelolaan sistem air minum.

"Tujuan pembentukan Asosiasi KPSAM perdesaan ini untuk membangun pemahaman kritis terhadap isu berkelanjutkan penyediaan air minum dan sanitasi pedesaan," ujarnya.

Selain itu untuk membahas dan merumuskan rencana tindak untuk menangani isu atau permasalahan keberlanjutan terhadap penyediaan air minum dan sanitasi di Sukamara.

"Saya berharap dengan pembentukan asosiasi KPSAM ini tersusunnya rencana kerja, sehingga setiap permasalahan yang ada bisa teratasi," harapnya. (NORHASANAH/B-6)

Berita Terbaru