Stok Obat Puskesmas di Katingan Sering Kosong

  • Oleh Abdul Gofur
  • 22 Oktober 2019 - 23:46 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Stok obat di puskesmas di wilayah Kabupaten Katingan dikabarkan sering kosong.

Hal ini disampaikan Kepala BPJS kesehatan Cabang Palangka Raya, M Masrur Ridwan saat menyampaikan paparan pada acara pertemuan forum kemitraan antara BPJS dengan jajaran Pemkab Katingan, Selasa 22 Oktober 2019.

"Obat di puskesmas banyak tidak kengkap dan kadang kosong," ujarnya. Kondisi ini menyebabkan pasien cenderung berobat ke rumah sakit yang diyakini ketersediaan obat lebih lengkap.

Di Katingan ada 16 puakesmas tersebar di 13 wilayah kecamatan. Namun dari jumlah itu sebagian besar puskesmas yang ada masih sering mengalami ketidaklengkapan obat.

Untuk itu dia menyarankan agar komunikasi antara puskesmas dengan dinas bisa berjalan baik, sehingga jika puskesmas mengalami kekurangan obat segera konfirmasi ke dinas.

"Ke depan kerja sama antara puskesmas dengan dinas kesehatan, terutama menyangkut obat bisa ditingkatkan," katanya.

Menurutnya masalah obat ini kerab menjadi keluhan pasien atau masyarakat. "Kalau obat di puskesmas lengkap, harusnya saat ada pasien berobat bisa tuntas di tingkat pertama, tidak perlu harus ke rumah sakit dan obat ini menjadi kendala ditingkat pertama atau puskesmas," imbuhnya. (ABDUL GOFUR/B-6)

Berita Terbaru