Ini Jenis Pelanggaran Ditindak Pada Operasi Zebra Telabang

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 23 Oktober 2019 - 08:56 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang -  Kapolres Barito Timur AKBP Zulham Effendy menegaskan bahwa Operasi Zebra Telabang 2019 bertujuan untuk mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran berlalu lintas di Barito Timur.

Ada sejumlah prioritas pelanggaran yang menjadi sasaran operasi kerena berpotensi terjadinya kecelakaan lalu lintas, antara lain: pengemudi menggunakan handphone, pengemudi melawan arus, pengemudi sepeda motor berboncengan lebih dari satu," kata Kapolres AKBP Zulham Effendy saat Apel gelar pasukan di Mako Polres Barito Timur, Rabu 23 Oktober 2019.

Selain itu, juga pengemudi dibawah umur, pengemudi dan penumpang sepeda motor tidak menggunakan helm SNI, pengemudi menggunakan narkoba atau mabuk serta mengemudikan kendaraan melebihi batas kecepatan yang ditentukan.

Menurut Zulham, dengan dilakukan penegakan hukum terhadap sasaran prioritas tersebut maka pelaksaaan operasi zebra tersebut diharapkan dapat mendorong tercapainya tujuan operasi yaitu meningkatnya disiplin masyarakat dalam berlalu lintas di jalan raya.

"Selain itu, meminimalisasi pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas, menurunnya tingkat fatalitas korban kecelakaan lalu lintas dan meningkatkan kepercayaan kepada Polri dengan terciptanya opini positif  dan citra tertib dalam berlalu lintas," imbuhnya.


Operasi tersebut juga diharapkan menciptakan situasi keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran berlalu lintas menjelang perayaan natal 2019 dan tahun baru 2020. (AGUSTINUS BOLE MALO/B-5)

Berita Terbaru