Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Barru Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kabinet Baru, Agus Gumiwang Sertijab Menperin Siang Ini

  • Oleh ANTARA
  • 23 Oktober 2019 - 10:09 WIB

Jakarta (ANTARA) - Agus Gumiwang Kartasasmita ditunjuk sebagai Menteri Perindustrian dalam kabinet baru, Kabinet Indonesia Maju di era pemerintahan Joko Widodo-Ma’ruf Amin akan melaksanakan serah terima jabatan (sertijab) Rabu, pukul 13.00 WIB.

Informasi sertijab menteri dalam kabinet baru tersebut diterima Antara dari Biro Hubungan Masyarakat Kementerian Perindustrian yang disebarkan melalui pesan aplikasi.

Agus Gumiwang diperkenalkan sebagai Menperin pada Rabu pagi, yang kemudian menerima Surat Keputusan (SK) bersama 33 menteri kabinet kerja lainnya untuk kemudian mengikuti pelantikan Kabinet Indonesia Maju Periode 2019-2024 pada 10.30 WIB.

“Urusan industrialisasi yang berorientasi ekspor, subtitusi barang-barang impor, dan teknologi untuk usaha kecil, usaha menengah, usaha mikro berada di bawah beliau,” kata Presiden Jokowi saat memperkanalkan Agus Gumiwang di Istana Negara, Jakarta, Rabu.

Agus Gumiwang adalah politikus Golkar ketiga yang mendatangi Istana Negara. Sebelumnya, pada Senin (21/10), Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto dan Bupati Minahasa Selatan Christiany Eugenia Tetty Paruntu juga melenggang ke Istana Negara.

Menjadi bagian dari pemerintahan bukan hal baru bagi Agus. Putera Menteri Koordinator Ekonomi, Keuangan, dan Industri ke-6 Ginandjar Kartasasmita ini mengawali tugasnya sebagai menteri sosial pada era pemerintahan Jokowi-JK untuk menggantikan Idrus Marham.

Pada 24 Agustus 2019, Agus resmi menjadi Mensos, sehingga ia merasakan menduduki posisi menteri selama sekitar dua bulan.

Pria kelahiran Jakarta, 3 Januari 1969 ini sempat menjabat sebagai Sekretaris Fraksi di DPR, namun jabatan tersebut dilepasnya ketika ditunjuk sebagai menteri. (ANTARA)

Berita Terbaru