Pemkab Katingan Gelar Seminar Penyusunan Buku Sejarah

  • Oleh Abdul Gofur
  • 23 Oktober 2019 - 13:16 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Pemkab Katingan melalui Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Katingan menggelar seminar akhir penyusunan buku sejarah Kabupaten Katingan, Rabu, 23 Oktober 2019.

Acara yang dilaksanakan di aula Bappelitbang Kasongan ini dibuka Wakil Bupati Katingan, Sunardi Litang.

Sejumlah pejabat hadir pada acara ini seperti Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Katingan, Sekda Katingan Nikodemus, Mido S Mahar, lalu ada Ketua  Komisi I DPRD Aldy A, dan tim penyusun buku sejarah Nila Riwut.

Undangan lainnya sejumlah kepala OPD serta para tokoh masyarakat, tokoh adat dan tokoh pemuda juga berhadir untuk bersama-sama mengikuti seminar penyusunan buku sejarah ini.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Katingan, Sunardi Litang mengatakan, Kabupaten Katingan adalah salah satu dari 13 kabupaten di Provinsi Kalteng. Nama Katingan berasal dari nama salah satu sungai besar di Kalimantan Tengah, yang hampir seluruh kecamatan berada di sepanjang sungai ini.

"Setelah memasuki usia ke 17 pada tahun 2019 ini, Kabupaten Katingan menunjukkan perkembangan yang relatif pesat dibandingkan dengan kabupaten pemekaran lainnya di Procimsi Kalimantan Tengah," ujar Wabup Sunardi Litang.

Pesatnya perkembangan Kabupaten Katingan merupakan respon dari giatnya pemerintah daerah dan masyarakat untuk membangun Kaupaten Katingan ini, sehingga dapat sejajar dengan kabupaten lain di Kalimantan Tengah.

Meski demikian, pesatnya pembangunan tidak serta merta membuat pemerintah daerah dan masyarakat melupakan sejarah dan asal mula berdirinya Kabupaten Katingan, bersama dengan hasrat untuk membangun daerah, maka disusun pulalah buku tentang sejarah Pemerintah Kabupaten Katingan.

"Penyusunan buku sejarah Kabupaten Katingan ini merupakan upaya untuk memberikan gambaran tentang sejarah masa lampau," imbuhnya. (ABDUL GOFUR/B-2).

Berita Terbaru