Penyandang Disabilitas di Seruyan Dapat Bantuan Jaminan Hidup

  • Oleh Magang 2
  • 23 Oktober 2019 - 17:16 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Penyandang disabilitas di Kabupaten Seruyan akan menerima bantuan jaminan hidup. Bantuan itu merupakan program Asistensi Sosial Penyandang Disabilitas (ASPD) Kementerian Sosial Republik Indonesia.

Kabid Rehabilitasi Sosial Dinsos Seruyan, Mujiyem, mengatakan program itu untuk memberikan jaminan hidup kepada penyandang disabilitas yang tidak dapat melakukan aktivitas sehari-hari atau sepanjang hidupnya, serta tergantung pada bantuan orang lain.

Kriteria lainnya, tidak memiliki kemampuan untuk menghidupi diri sendiri, serta memiliki kesulitan untuk mengakses layanan publik. Untuk usia penerima yakni mulai dari 6 bulan hingga kurang dari 60 tahun.

“Di Seruyan ada 42 penyandang disabilitas yang memperoleh bantuan. Dan ini paling banyak se Kalimantan Tengah,” kata Mujiyem, Rabu, 23 Oktober 2019.

Sedangkan untuk penyaluran bantuan, keseluruhannya dilakukan secara non tunai, selama 12 bulan. Terhitung mulai Januari - Desember 2019.

Setiap penerima bantuan, akan diberikan biaya hidup sebesar Rp 300 ribu dalam satu bulan. Dan proses pencairan dilakukan dalam tiga tahap. (MAGANG 2/B-11)

Berita Terbaru