Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

2.500 Mangkuk Bubur Mandi Safar Dibagikan Kepada Masyarakat

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 23 Oktober 2019 - 17:46 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Sebanyak 2.500 mangkuk bubur mandi safar dibagikan kepada masyarakat Kotawaringin Timur (Kotim) dan wisatawan, Rabu, 23 Oktober 2019. Pengunjung pun semakin antusias mengikuti event pariwisata tahunan di Sungai Mentaya tersebut.

"Semua bubur gratis untuk masyarakat Kotim dan wisatawan yang hadir pada event mandi safar ini," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kotim, Fajrurrahman.

Makan bubur bersama tersebut dilakukan sebagai upaya untuk melestarikan kebiasaan nenek moyang zaman dulu, saat tiba bulan Safar. Mereka biasanya menyantap bubur bersama-sama sebagai ucapan rasa syukur diberikan kesehatan, dan memanjatkan doa agar dijauhkan dari bala oleh Yang Maha Kuasa. 

"Menyantap bubur bersama-sama ini merupakan kebiasaan orangtua zaman dulu. Dan itu yang kita lestarikan," kata Fajrurrahman.

Bubur tersebut langsung dimasak masyarakat yang memang sudah mahir. Bahkan, proses memasak langsung dilakukan di Ikon Kota Patung Ikan Jelawat. Bubur tersebut dibagikan dan dimakan bersama-sama, sebelum bercebur ke Sungai Mentaya.

"Jadi bubur tersebut kami bagikan kepada masyarakat dan dilakukan makan bersama-sama sebelum mandi di Sungai Mentaya," terang Fajrurrahman. (MUHAMMAD HAMIM/B-11)

Berita Terbaru