Pemkab Kotim Didesak Bangun Rumah Betang untuk Pusat Kegiatan

  • Oleh Naco
  • 23 Oktober 2019 - 18:06 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Anggota Komisi I DPRD Kotim, Rimbun mendesak pemkab menyediakan rumah Betang untuk sarana pusat kegiatan masyarakat lokal. 

Rimbun menyebutkan, lokasi paling tepat untuk pembangunan itu yakni di  wilayah selatan Bundaran Balanga atau kilometer 3 Sampit - Pangkalan Bun.

Menurutnya, rumah betang di Kotim sangat mungkin itu dibangun. Apalagi dengan ketersediaan anggaran, semua pihak pasti akan mendukung. Terlebih aspirasi ini sejak lama sudah disuarakan. 

"Saya kira kalau soal anggaran tidak masalah sekarang tinggal niat baik pemerintah untuk mengakomodasi itu atau tidak. Kami dorong pemkab agar merealisasikan ini," kata Rimbun, Rabu, 23 Oktober 2019.

Rimbun mengaku sudah berjalan ke beberapa desa hingga ke pelosok. Aspirasi masyarakat itu sebenarnya ada sebuah keinginan agar pemerintah membangun Betang Induk di areal Bundaran Balanga.

"Ini saya kira aspirasi yang harus direspon oleh pemerintah agar bisa segera dibangun," tegas Rimbun.

Menurut Rimbun desakan untuk pemerintah menyediakan bangunan itu sebagai salah satu ikon Suku Dayak ini tidak hanya dari akar rumput. Sebab, tokoh Dayak, tokoh adat, hingga kaum intelektual juga sudah menyepakati itu.

Meski demikian, kebijakan akhir itu ada di tangan eksekutif, karena mereka yang bisa mengusulkan agar itu dibangun.

"Sementara kami DPRD akan sangat mendukung pembangunan itu," tutupnya. (NACO/B-11)

Berita Terbaru