Operasi Zebra Telabang 2019 Libatkan TNI, Dishub, dan Satpol PP Barito Utara

  • Oleh Ramadani
  • 23 Oktober 2019 - 18:56 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Operasi Zebra Telabang 2019 yang dilaksanakan Polres Barito Utara juga melibatkan Polisi Militer TNI, dinas perhubungan, dan Satpol PP.

Wakil Kepala Polres Barito Utara Kompol Agus Dwi S mengatakan pelibatan beberapa instansi ini dalam rangka mewujudkan dan memelihara Keamanan, Keselamatan dan Kelancaran serta Ketertiban Berlalu Lintas (Kamseltibcar Lantas).

“Karena ini sesuai sesuai amanat UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkuta jalan dan program Kapolri yang disebut Profesional, Modern, Terpercaya (Promoter),” jelas Agus, Rabu 23 Oktober 2019.

Selain itu dalam rangka menigkatkan kualitas keselamatan dan menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan lalu lintas, membangun biudaya tertib lalu lintas dan meningkatkan kualitas pelayanan kepada publik.

“Keempat hal ini memiliki kompleksitas yang tidak bisa ditangani polantas sendiri, sinergitas antar pemangku kepentingan menjadi sangat mendasar dalam menemukan akar masalah dan solusi yang harus diterima dan dijalankan semua pihak,” jelasnya.

Disampaikan, masalah dibidang lalu lintas dewasa ini telah berkembang dengan cepat dan dinamis.

Hal ini sebagai konsekuensi dari meningkatnya jumlah kendaran bermotor dan pupolasi penduduk yang memmerlukan alat transportasi sebagai sarcana mobilitas dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.

Selain itu perkembangan transportasi juga telah memasuki era digital. Operasional order angkuta publik sudah berada dalam genggaman.

Modernisasi ini menurutnya perlu diikuti dengan inovasi dan kinerja polri, khususnya polantas, sehingga mampu mengantisipasi segala dampak yang akan timbul dari modernisasi transportasi tersebut. (RAMADHANI/B-6)

Berita Terbaru