Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Indragiri Hulu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Jadi Menparekraf, Wishnutama Tanggung Sederet Pekerjaan Rumah

  • Oleh Teras.id
  • 23 Oktober 2019 - 20:52 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi telah melantik Wishnutama Kusubandio sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif periode 2019-2024. Mantan bos media inipun bakal menanggung sederet pekerjaan rumah yang mesti dikelarkan dalam lima tahun masa kepemimpinannya. 

Menteri Pariwisata periode 2014-2019, Arief Yahya, mengatakan, Wishnutama harus mengejar target pendapatan devisa dengan meningkatkan pencapaian jumlah kunjungan wisatawan asing atau wisman.

“Pertama, Kementerian Pariwisata ke depan akan tetap menjadi penghasil devisa terbesar,” ujar Arief Yahya di kantor Kementerian Pariwisata, Rabu, 23 Oktober 2019. 

Selama 5 tahun terakhir, Arief Yahya mengklaim performa Kementerian Pariwisata relatif moncer. Pada tutup buku 2018, cadangan devisa negara dari sektor pariwisata mencapai US$ 19,35 miliar. Pada akhir  tahun ini, semestinya kontribusi sektor pariwisata terhadap devisa mencapai US$ 20 miliar. 

Tantangan untuk menggenjot penerimaan devisa ini, menurut Arief, ialah pemasaran. Ia mengatakan Wishnutama mesti menguasai line pemasaran yang telah dirumuskan kementerian. Di antaranya mengembangkan atraksi, amenitas, dan aksesibilitas pariwisata. 

Kemudian, menurut Arief, Wishnutama memiliki pekerjaan menyelesaikan proyek pembangunan infrastruktur di lima destinasi superprioritas. Kelimanya ialah Borobudur, Mandalika, Likupang, Danau Toba, dan Labuan Bajo. “Pada 2020, infrastruktur di lima destinasi ini harus tuntas,” tuturnya. 

Adapun dari sisi sumber daya manusia, Wishnutama mesti memastikan seluruh pelaku dalam ekosistem pariwisata tersertifikasi. Sumber daya manusia merupakan modal utama untuk membangun industri pariwisata. 

Wishnutama mengakui masih meraba-raba tugasnya di kementerian ini. Ia mengatakan belum mengetahui banyak ihwal tugas-tugas detail yang mesti ia kerjakan ke depan. "Saya masih belum tahu banyak, tapi pasti mau tahu banyak," ujarnya. 

Presiden Jokowi sebelumnya menunjuk Wishnutama sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menggantikan Arief Yahya dan Triawan Munaf. Dalam pengumumannya, Jokowi meminta Wishnutama mendorong pengembangan pariwisata 10 destinasi wisata baru dengan fokus utama pada 5 destinasi superpioritas. (TERAS.ID/B-11)

Berita Terbaru