Pangkas Kemiskinan Dinilai Jadi Poin Penting Tekan Angka Stunting

  • Oleh Budi Yulianto
  • 23 Oktober 2019 - 23:02 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Memangkas kemiskinan dinilai menjadi poin penting dalam menekan angka stunting. Ini disampaikan salah satu perwakilan dari Pita Putih Indonesia (PPI), Kusuma Ratna.

"Jadi semua stunting itu ternyata pokok masalahnya adalah nilai ekonomi yang kurang memenuhi kebutuhan gizi. Mereka makan seadanya yang penting kenyang," katanya.

"Misalnya anak dikasih nasi dengan mie kremes kering. Menurut mereka sudah cukup karena sudah kenyang. Padahal itu sangat jelek," katanya saat datang ke Palangka Raya pada kegiatan menggerakkan masyarakat dalam upaya mencegah stunting di Kelurahan Petuk Katimpun, Rabu 23 Oktober 2019.

Ia menuturkan asupan makanan jangan cuma sekadar memiliki kandungan karbohidrat saja. Namun harus ada pelengkap lainnya seperti sayur maupun buah. Lebih lengkap kandungannya yakni pada ikan.

"Sebetulnya daerah sini kaya akan ikan. Artinya pola makan yang salah. Sayur mereka nggak pakai, ikan nggak suka lebih banyak dijual dari pada dimakan sendiri," ungkapnya.

Ia menuturkan memangkas kemiskinan tentunya harus melibatkan proaktif dari masyarakat itu sendiri serta pihak terkait.

Setidaknya dapat dengan cara mengembangkan usaha kecil dan menengah (UKM). (BUDI YULIANTO/B-6)

Berita Terbaru