Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Politikus PKS Puji Jokowi Tunjuk Nadiem Makarim Jadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan

  • Oleh Tempo.co
  • 24 Oktober 2019 - 07:30 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Politikus PKS Ahmad Fathul Bari memuji keputusan Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang menunjuk kalangan muda seperti pendiri Gojek Nadiem Makarim menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan di kabinet barunya.

"Saya mengapresiasi langkah berani dari Presiden Jokowi dengan menunjuk Nadiem sebagai Mendikbud," ujar Fathul dalam keterangan tertulisnya, Rabu 23 Oktober 2019.

Langkah Jokowi tersebut dinilai merupakan suatu terobosan baru dengan menunjuk Nadiem, 35 tahun, dari kalangan anak muda menjadi menteri di kabinet jilid dua Indonesia Maju.

Menurut Fathul, kehadiran anak muda sebagai menteri sudah menjadi fenomena baru di berbagai negara, baik yang ditunjuk lantaran tuntutan politik, konstituen atau perkembangan sosial masyarakat yang membutuhkan sentuhan sosok anak muda.

Fathul memisalkan Menteri Olah Raga Malaysia Syed Syadiq yang ditunjuk menjadi menteri saat berusia 25 tahun, atau nama Najat Vallaud-Belkacem, yang pernah menjabat sebagai Menteri Pendidikan di Perancis saat usianya 37 tahun.


Sedangkan di Indonesia, lanjut Fathul, selama ini anak muda atau perempuan hanya ditempatkan di pos kementerian yang terkait dengan usai atau gender saja, namun dengan dinamika yang berkembang, perempuan -perempuan hebat Indonesia sukses menjadi menteri diberbagai bidang.

"Sekarang dengan ditunjuknya Nadiem sebagai Mendikbud, saya sebagai politisi muda tentu akan berharap Nadiem sukses dan menunjukkan bahwa anak muda juga bisa sukses menjadi Menteri," ujarnya.

Tapi Fathul menilai, Nadiem sebagai Mendikbud akan menghadapi tantangan lantaran latar belakang Nadiem yang bukan dari dunia pendidikan. Nadiem nantinya juga akan menaungi Perguruan Tinggi Negeri yang kini dilebur bersama Kemedikbud. (Teras.id)

Berita Terbaru