Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Permintaan Rini Soemarno Kepada Erick Thohir Soal BUMN

  • Oleh Tempo.co
  • 24 Oktober 2019 - 08:50 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Mantan Menteri BUMN atau Badan Usaha Milik Negara Rini Soemarno mengatakan ada pekerjaan rumah yang perlu diselesaikan oleh menteri penerusnya di Kabinet Indonesia Maju, Erick Thohir. Di antaranya soal Holding BUMN. 

"Karena BUMN ini sektor usahanya cukup besar dan targetnya per sektor itu ada holding company, sub holding company," ujar Rini saat acara serah terima jabatan di Kantor Kementerian BUMN, Rabu, 23 Oktober 2019.

Menurut Rini hingga kini sudah ada beberapa Holding BUMN yang terbentuk. Ia menyebut misalnya Holding Kehutanan, Holding Perkebunan, Holding Migas, Holding Tambang, dan Holding Pupuk. Sementara holding yang sudah disetujui presiden namun perubahan sahamnya belum masuk semua, alias masih ada di kementerian BUMN adalah Holding Farmasi.

"Yang sekarang sedang direview untuk diselesaikan adalah Holding Perumahan, Konstruksi, itu belum ditandatangani Pak Presiden dan Holding Asuransi, itu perlu diselesaikan," tutur Rini.

Kepada Erick, Rini juga berpesan agar kebersamaan BUMN terus dijaga. Sebab, selama ini antar-perusahaan pelat merah acapkali berkompetisi sehingga malah saling melemahkan. Saat ini, persoalan itu sudah berkurang dan komunikasi antar perusahaan sudah terjalin, baik perusahaan besar melihat yang kecil maupun sebaliknya.

Rini Soemarno pun mengingatkan bahwa perusahaan pelat merah ke depannya harus bisa berfungsi mendorong perekonomian rakyat dan perekonomian yang lemah. "Bagaimana meningkatkan kemampuan usaha mikro super mikro dan kecil. Karena di Indonesia kekuatan kita adalah di sana, bagaimana menakdi entrepreneur kecil-kecil," kata dia. 

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo menunjuk Erick Thohir sebagai Menteri BUMN dalam Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024. Komisaris Utama PT Mahaka Media Tbk. itu resmi menggantikan Rini Soemarno. Erick dilantik di Istana Negara bersama dengan jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju. (Teras.id)

Berita Terbaru