Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Gresik Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Distribusi Air PDAM di Kuala Pembuang Kembali Lancar

  • Oleh Magang 2
  • 24 Oktober 2019 - 09:10 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Distribusi air ke seluruh pelanggan saat ini kembali lancar. Saat musim kemarau, PDAM Kuala Pembuang mengalami kesulitan lantaran masuknya air laut hingga ke sumber air baku utama PDAM di Sungai Mitak.

Direktur PDAM Kuala Pembuang, Sutrisman mengatakan, saat ini pendistribusian air ke seluruh pelanggan sudah berlangsung 24 jam nonstop. Sebelumnya berlaku pengurangan jam distribusi lantaran menyesuaikan waktu pengambilan air baku dan waktu produksi air.

“Karena sudah memasuki musim hujan, distribusi air ke pelanggan sudah kita maksimalkan dan tidak ada lagi pengurangan waktu distribusi seperti yang kita lakukan pada musim kemarau lalu,”kata Sutrisman, Kamis, 24 Oktober 2019.

Saat ini pengambilan air baku di Sungai Mitak saat ini sudah beroperasi hampir 24 jam. Air baku ini kemudian diolah hingga bisa didistribusikan ke pelanggan. Namun pada saat tertentu suplai air baku juga berasal dari sumber air baku cadangan di sodetan Tanjung Paring.

Sumber air baku Tanjung Paring di wilayah Desa Pematang Limau, Kecamatan Seruyan Hilir ini berada cukup jauh dari muara Sungai Seruyan. Sehingga ketika musim kemarau sunber air tawar masih bisa didapatkan dari sumber cadangan ini.

"Tanjung Paring, menjadi cadangan air baku kita. Jika  sumber utama air baku kita berubah rasa akibat masuknya air laut, pengambilan air baku, kita alihkan ke sana. Jadi penyaluran air bersih ke pelanggan kita upayakan tetap lancar,” tandasnya. (MAGANG 2)

Berita Terbaru