Hari Pertama Operasi Zebra Telabang 30 Pelanggar Lalu Lintas Dapat Sanksi Tilang

  • Oleh Ramadani
  • 24 Oktober 2019 - 15:56 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Pada hari pertama operasi Zebra Telabang tahun 2019 yang dilaksanakan Polres Barito Utara, Rabu 23 Oktober 2019, sebanyak 30 pelanggar lalu lintas mendapat sanksi tilang.

Hari pertama operasi Zebra Telabang tahun 2019 ini dilaksanakan di jalan samping Telkom Muara Teweh atau kantor Bupati Barito Utara

Kasat Lantas Polres Barito Utara, AKP Zulyanto Leonardi Kramajaya, Kamis 24 Oktober 2019 mengatakan, para pengendara yang mendapat sanksi tilang karena melanggar lalu lintas seperti tidak memiliki surat- surat kelengkapan kendaraan maupun pengendara, pelanggaran rambu lalu lintas, serta pelanggaran lainnya.

Dari 30 pelanggar yang mendapat sanksi tilang diamankan barang bukti berupa 17 lembar STNK, 5 lembar SIM dan 8 unit kendaraan bermotor.

“Dari 30 pelanggaran lalu lintas tersebut, rata-rata dilakukan masyarakat kota Muara Teweh yang berstatus swasta dengan jumlah sebanyak 27 orang, pelajar satu orang, PNS sebanyak 1 orang dan lainnya 1 orang,”  terangnya.

Untuk pelanggaran yang dilakukan, kata kasat, yakni berupa tidak menggunakan helm sebanyak 9 orang, tidak memiliki surat kendaraan maupun pengendara sebanyak 15 orang, melanggar rambu lalu lintas sebanyak 4 orang, tidak menggunakan sabuk keselamatan sebanyak 1 orang dan kendaraan yang kelengkapannya tidak ada sebanyak 1 orang.

Dia terus mengimbau kepada masyarakat agar selalu memperhatikan kelengkapan dan keselamatan sebelum berkendara di jalan raya, mengecek kondisi kendaraan, tidak memperbolehkan anak dibawah umur untuk mengendarai kendaraan bermotor, serta memetuhi aturan berlalu lintas saat berkendara di jalan raya.

“Hal ini diharapkan dapat dilakukan oleh masyarakat untuk dapat menjadi pelopor keselamatan dalam berkendara serta meminimalisir angka kecelakaan lalu lintas dan fatalitas saat terjadi kecelakaan,” jelasnya.(RAMADHANI/B-2)

Berita Terbaru