Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kuatan Singingi Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemuda di Kapuas Ini Geluti Hobi Hingga Jadi Usaha Menjanjikan

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 24 Oktober 2019 - 17:26 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Pekerjaan yang paling menyenangkan adalah hobi yang dibayar. Prinsip ini tampaknya diberlakukan Dudeng, seorang pemuda di Kuala Kapuas, hingga sukses menjalani usaha penjualan ikan cupang. Dan semua berasal dari hobinya memelihara ikan cupang.

Memelihara ikan mungil dengan sirip dan variasi warna yang indah ini ternyata dapat menjadi daya pikat bagi pecinta ikan hias.

Dudeng yang merupakan warga Jalan Anggrek, Gang 7, Kota Kuala Kapuas saat ini menjadikan hobi itu sebagai peluang bisnis yang memiliki prospek sejak 1 tahun terakhir. Hasilnya, banyak masyarakat yang berminat.

"Ikan cupang banyak peminatnya, serta terbilang mudah dipelihar. Kurang lebih sudah satu tahun membudidayakan dan menjual ikan cupang ini," kata Dudeng mengawali perbincangannya, Kamis, 24 Oktober 2019.

Dari hasil usahanya tersebut, dia bisa menghasilkan omzet jutaan rupiah per bulan. Ratusan hingga ribuan ekor ikan pun telah terjual dalam setahun terakhir ini. Tidak hanya di Kabupaten Kapuas, tapi juga sampai ke luar daerah.

"Ada beberapa jenis ikan cupang yang dikembang-biakkan seperti halfmon, crown tail, plakat, dan berbagai jenis lainnya," katanya.

Menurut dia pembudidayaan ikan cupang tidak membutuhkan lahan yang luas dan bisa dimulai dengan modal kecil. Terutama untuk peluang bisnis dan usaha rumahan.

"Untuk pakan ikan cupang, biasanya diberikan pakan hidup seperti kutu air dan jentik nyamuk. Bahkan terkadang juga menggunakan pelet ikan," pungkasnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-11)

Berita Terbaru