Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Satgas 643 Wanara Sakti Temukan Granat Bekas Konfrontasi

  • Oleh Rokim
  • 24 Oktober 2019 - 21:56 WIB

BORNEONEWS, Kubu Raya - Anggota Satgas Pamtas Yonmek 643 Wanara Sakti menemukan 1 butir granat mortir kaliber 81 mm.

Granat ini ditemukan anggota saat melaksanakan peninjauan medan bersama pramuka untuk kegiatan napak tilas patok perbatasan di Desa Aruk, Kecamatan Sajingan, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat.

Granat ini diduga tidak bisa meledak saat terjadi konfrontasi antara Indonesia dengan Malaysia.

Benda berbahaya ini merupakan yang kedua kalinya ditemukan Satgas Pamtas Yonmek 643 yang sebelumnnya diamankan granat meriam kaliber 140 mm di Kecamatan Entikong pada Juni 2019.

Kepala Penerangan Kodam XII Tanjungpura, Kolonel Inf Aulia Fahmi Dalimunthe menjelaskan kronologis diamankannya granat ini berawal saat anggota Pos Gabma Sajingan yang dipimpin Serda Liansyah bersama Pramuka melakukan peninjauan medan sebagai lokasi untuk kegiatan napak tilas patok perbatasan.

"Saat di perjalanan menuju lokasi di sekitar patok batas negara D.188 ditemukan granat dalam kondisi sudah berkarat karena lama tertimbun tanah dan kemudian granat ini dibawa ke Pos Gabma Sajingan untuk diidentifikasi," jelasnya, Kamis 24 Oktober 2019.

"Setelah dilakukan pemeriksaan ternyata benda ini merupakan granat mortir dengan kaliber 81 mm dan panjang 35 Cm," tandasnya. (Pendam/B-6)

Berita Terbaru