Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bintan Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Motivator Syafii Efendi Ajak Pemuda Palangka Raya Bentuk Mental Kemandirian

  • Oleh Budi Yulianto
  • 24 Oktober 2019 - 22:36 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Motivator, Syafii Efendi mengajak pemuda di Kota Palangka Raya khususnya dan Kalteng umumnya untuk membentuk mental kemandirian muda Indonesia.

"Kita masyarakat harus siap mengakselerasi program Indonesia maju yang baru dicanangkan ini. Jadi semua harus dimulai dengan mindsite anak muda yang mandiri," kata Syafii, Kamis 24 Oktober 2019.

Pesan ini disampaikan Syafii saat memberikan motivasi dalam acara Seminar Nasional Character Building Winning Mentality for Industrial Revolution 4.0 bertema siap menuju Indonesia mandiri 2034 di Universitas Palangka Raya.

Menurutnya mindsite tamat kuliah jadi PNS harus dirubah. Mindsite yang perlu ditanamkan adalah tamat kuliah jadi bos.

"Jangan menjadi babu lagi di negeri kita sendiri. Yang lulus membuka lapangan kerja," ungkapnya.

"Kalau bicara bisnis, bicara mental sebenarnya bukan bicara jenis bisnisnya. Sebab kalau jenis bisnis itu gampang," imbuhnya.

Bicara soal revolusi 4.0, dia menyebut bukan tidak mungkin manusia tidak digunakan lagi jika fungsi manusia akan digantikan robot.

Dia mencontohkan salah satunya terjadi di Cina. "Di Cina sudah tidak ada lagi pabrik yang isinya buruh. Bayangin ya, 1.000 buruh akan digantikan mesin. Ini bahaya. Nah ini butuh mental kemandirian yang harus ditanamkan sejak muda," sarannya.

"Sayang kondisi ini tidak dibarengi dengan guru kita, dosen kita yang seharusnya sudah mulai menyerukan tamat kuliah menjadi pengusaha," pungkasnya. (BUDI YULIANTO/B-6)

Berita Terbaru