Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Bandar Lampung Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Gubernur Belum Puas dengan Peningkatan Ekonomi Kalteng

  • Oleh Testi Priscilla
  • 25 Oktober 2019 - 16:08 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia, Destry Damayanti mengatakan, data statistik Kalimantan Tengah menunjukkan berbagai perkembangan yang baik. Namun Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran mengaku belum puas dengan peningkatan ekonomi yang ada.

"Dengan pertumbuhan ekonomi yang ada kami berbangga tetapi belum puas. Karena melihat potensi yang ada di Kalteng ini, harusnya pertumbuhan ekonomi di Kalteng bisa jauh lebih meningkat lagi," kata Sugianto pada Jumat, 25 Oktober 2019.

Hal ini disampaikan Gubernur dalam pidatonya pada acara pengukuhan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Tengah di hotel Swissbell, Palangka Raya. 

Jabatan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Tengah yang sebelumnya dijabat oleh Wuryanto memang hari ini akan diserahkan kepada Kepala yang baru yakni Rihando.

"Saya belum puas dengan capaian perekonomian Kalteng sekarang. Semestinya tidak ada penduduk yang miskin di Kalteng," tegasnya. 

Contoh kecil, lanjutnya, di sektor perkebunan aktif di Kalteng ada 300 perusahaan dengan luasan lahan mencapat dua juta hektar dan hasil CPO mencapai 5 juta ton per tahun. Tetapi penduduk Kalteng belum mendapat keadilan. 

"Jadi soal puas tidaknya dengan peningkatan perekonomian sekarang, saya pastikan belum puas," tandasnya.

Sebelumnya, Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia, Destry Damayanti mengatakan, sesuai data Kalteng mencatat pertumbuhan ekonomi yang tinggi sebesar 7,67%.

"Pertumbuhan ekonomi ini menurutnya diiringi jumlah penduduk miskin yang mengalami penurunan dari sekitar 8% pada tahun 2018 menjadi hanya 5,1% pada September 2019. Hal ini menunjukan pertumbuhan ekonomi yang cukup merata dan hal ini tergambar pada Gini Ratio yang cukup baik sebesar 0,39%," tutur Destry. (TESTI PRISCILLA/B-2/Adv)

Berita Terbaru