Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Gowa Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Di Kota Kasongan Masih Banyak Kekurangan TPS

  • Oleh Abdul Gofur
  • 25 Oktober 2019 - 19:36 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Katingan, Hap Baperdo mengatakan di wilayah kota Kasongan sejauh ini dinilai masih banyak kekurangan tempat pembuangan sampah (TPS).

Hal ini disampaikan di sela mengikuti kegiatan Jumat beriman atau Jumat bersih indah dan nyaman di Kasongan, Jumat 25 Oktober 2019. Kekurangan TPS juga berada di wilayah Kelurahan Kasongan Lama.

"Hitungannya dari jumlah total RT di Kelurahan Kasongan Baru dan Kasongan Lama itu jumlah TPS yang ada masih ada separuhnya saja, sedangkan separuh RT lagi tanpa dilengkapi TPS," sebutnya.

Idealnya 1 RT ada 1 TPS berupa bak ambrol. Akibat banyak kekurangan TPS ini TPS yang ada sering kelebihan muatan.

Sehingga tidak jarang sampah berhamburan di luar TPS karena kapasitasnya tidak sebanding dengan jumlah sampah yang dibuang oleh warga ke TPS.

Dampak lainnya warga menjadi malas membuang sampah di TPS karena lokasinya jauh. Untuk itu pihaknya bakal mengusulkan pengadaan TPS pada 2020.

Hap mengatakan sejauh ini tingkat kesadaran masyarakat akan kebersihan lingkungannya dinilai ada peningkatan dibanding sebelumnya, namun masih perlu terus ditingkatkan lagi.

Hap mengimbau masyarakat agar ikut menjaga kebersihan sungai dengan tidak membuang sampah sembarangan. (ABDUL GOFUR/B-6)

Berita Terbaru