Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dana Asing Masuk Rp 12T Pertanda Oke Kabinet Jokowi

  • Oleh Inilah.com
  • 25 Oktober 2019 - 21:32 WIB

INILAHCOM, Jakarta - Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo menyebutkan kepercayaan investor asing terhadap pulihnya fundamental perekonomian domestik cukup tinggi. Buktinya, modal asing masuk mencapai Rp 12,03 triliun.

Derasnya duit asing masuk terjadi saat Presiden Joko Widodo mengumumkan Kabinet Indonesia Maju (KIM) hingga pengumuman wakil menteri di Istana Presiden, Jakarta, Jumat 25 Oktober 2019.

Fenomena ini mencerminkan respons positif dari pemilik modal terhadap susunan kabinet serta para wamen yang ditunjuk Presiden Jokowi.

"Ini suatu testimoni atau suatu bentuk atau suatu indikasi bahwa kepercayaan investor asing terhadap Indonesia itu kuat, baik terkait dengan prospek ekonomi kita," ujarnya.

Portofolio dari aliran modal asing masuk selama sepekan terakhir itu adalah instrumen Surat Berharga Negara (SBN) yang sebesar Rp 12,19 triliun dan saham minus (capital outflow) Rp 0,23 triliun.

Dengan adanya dana keluar dari saham itu, total modal asing masuk Rp 12,03 triliun dalam sepekan terakhir.

SBN masih menjadi primadona bagi investor, terbukti dengan aliran modal asing yang masuk ke instrumen yang dijamin pemerintah tersebut.

Perry membantah adanya modal asing cabut dari pasar saham dalam negeri, hanya fenomena biasa dalam kegiatan transaksi saham.

Di mana, arus modal keluar itu, tidak mencerminkan kekecewaan investor terhadap kabinet yang barus saja dibentuk presiden.

"Tidak ada hubungannya modal keluar (outflow) dengan kabinet. Kepercayaan dari global itu sangat kuat, kepercayaan dengan ekonomi Indonesia sangat kuat, apalagi dengan kabinet baru," ujarnya.

Berita Terbaru