Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Toba Samosir Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Lakpesdam NU Kalteng Gelar Saresehan Hari Santri 2019

  • Oleh Budi Yulianto
  • 26 Oktober 2019 - 17:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Nahdlatul Ulama atau Lakpesdam NU Kalteng menggelar saresehan Hari Santri di Masjid Pondok Pesantren Darul Amin, Jalan Yakut I, Palangka Raya, Sabtu, 26 Oktober 2019.

Kegiatan tersebut menghadirkan 3 pemateri. Di antaranya, Ketua Lakpesdam NU Kalteng M Rozikin, Dosen KPI FUAD IAIN Palangka Raya Favi Aditya Ikhsan dan Dandim 1016/Palangka Raya Kolonel I Gede Putra Yasa diwakili Plh Pasi Intel, Lettu Hari Utomo.

"Kegiatan ini digelar bekerjasama dengan Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU), Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kalteng dan Pondok Pesantren Darul Amin Palangka Raya," kata Jeki, sapaan Rozikin. 

Ia menuturkan, kegiatan sarasehan hari santri dalam rangka penguatan SDM. Ini harus digelorakan sejak remaja dalam hal ini pelajar, khususnya santri, agar turut membaca perkembangan zaman. Dalam kesempatan itu, Jeki memaparkan terkait santri millenial dan SDM unggul 4.0.

Sementara itu, Favi lebih banyak berbicara tentang sejarah santri mulai dari era penjajahan hingga perannya bersama Kyai untuk perjuangan menuju Kemerdekaan RI.

"Santri harus paham bagaimana menghormati jasa pahlawan, utamanya kepada Kyai kita yg benar-benar pejuang dan penggelora jihad dulu adalah kalangan pesantren," ucapnya.

Sedangkan Hari Utomo lebih fokus pada materi cinta tanah air dan bela negara. Itu harus sering disampaikan agar semakin cinta terhadap tanah air tercinta ini. 

Dalam kegiatan tersebut, puluhan santri nampak serius mendengarkan paparan pemateri dari awal sampai akhir. Kegiatan ini bertema santri nusantara penjaga kerukunan umat, perekat NKRI dan pengemban Islam Wasathiyah. 

Sedangkan sub tema adalah santri modern, kreatif dan komunikatif, jembatan membangun kesatuan di tanah Berkah, Kalimantan Tengah. (BUDI YULIANTO/B-5)

Berita Terbaru