Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Yahukimo Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Pesan Ketua Lakpesdam NU Kalteng untuk Santri Hadapi SDM Unggul 4.0

  • Oleh Budi Yulianto
  • 26 Oktober 2019 - 19:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Nahdlatul Ulama atau Lakpesdam NU Kalteng, M Rozikin menyampaikan sejumlah pesan terhadap para santri dalam kegiatan saresehan Hari Santri di Masjid Pondok Pesantren Darul Amin, Jalan Yakut I, Palangka Raya, Sabtu, 26 Oktober 2019. Salah satu pesan penting yakni berkaitan dengan penguatan sumber daya manusia atau SDM unggul 4.0.

"Kenapa 4.0? Karena memang sudah revolusi industri ke 4.0. Semua serba digital. Oleh sebab itu, saya mengajak santri untuk tanggap dan tidak gagap," kata Rozikin.

Tidak gagap yang dimaksud supaya para santri tidak ketinggalan perkembangan zaman. Jangan hanya sekadar mendapat ilmu pada pesantren tapi juga harus dilengkapi dengan pengetahuan lainnya. 

"Jadi harus bisa memanfaatkan teknologi, jangan menjadi korban tekhnologi. Ini pesan yang penting. Jangan hanya di dunia pesantren, tapi mampu menguasai di luar yang pergerakannya semakin cepat," ungkapnya. 

"Sebab, kalau hanya disiplin ilmu, itu saja yang dikuasai dan akan gagap terhadap perkembangan zaman," imbuhnya.

Di sisi lain, Jeki - sapaan akrab M Rozikin - ini juga mengajak untuk tetap memperbanyak literasi agar tidak terjebak dalam informasi bohong atau hoax yang kadang bertebaran di dunia maya.

"Tidak boleh berprinsip membaca satu link. Tapi harus ada pembanding dengan yang lain. Kemudian, harus bijak bermedia sosial, jangan sampai hanya mengetahui satu titik masalah lalu disebar tanpa mengetahui sebenarnya masalah apa. Untuk itu, perbanyak literasi," tuturnya.

Selain Jeki yang berperan sebagai pemateri, juga ada Dosen KPI FUAD IAIN Palangka Raya, Favi Aditya Ikhsan dan Dandim 1016/Palangka Raya Kolonel I Gede Putra Yasa yang diwakili Plh Pasi Intel, Lettu Hari Utomo.

Kegiatan ini digelar berkat kerjasama dengan Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU), Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kalteng dan Pondok Pesantren Darul Amin Palangka Raya. (BUDI YULIANTO/B-5)

Berita Terbaru