Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Asahan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Jokowi Ungkap Ada 300 Nama Calon Menteri Disodorkan

  • Oleh Teras.id
  • 27 Oktober 2019 - 13:06 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengungkap, sebelum Kabinet Indonesia Maju dibentuk, ada 300 nama yang disodorkan untuk jadi calon menteri.

Jokowi mengatakan menentukan nama-nama menteri merupakan pekerjaan berat. Sebab, ia harus memeras jumlah yang disorongkan tadi menjadi 34 orang saja sesuai pos kementerian.

Jokowi berujar saat menentukan siapa saja calon menteri, dia dan Ma'ruf harus mempertimbangkan keterwakilan sejumlah aspek seperti latar belakang agama, suku, asal daerah, partai politik, dan lainnya.

"Oleh karena itu saya sadar mungkin yang senang dan gembira hanya 34 yang dilantik, yang kecewa berarti lebih dari 266. Artinya yang kecewa lebih banyak dari yang senang," kata Jokowi saat membuka Musyawarah Besar X Ormas Pemuda Pancasila di Hotel Sultan, Jakarta, Sabtu, 26 Oktober 2019.

Jokowi telah menentukan 34 calon partai politik dengan latar belakang politik dan profesional. Selain itu dia juga telah memilih 12 wakil menteri.

Dari jatah Kabinet Indonesia Maju itu, partai koalisi pendukung Jokowi tak semua mendapat kursi di kabinet. Partai Hanura, PKPI, dan PBB, tak mendapat jatah.

Ketua DPP Partai Hanura Inas Nasrullah mengaku belum mengetahui nasib partainya di kabinet Joko Widodo - Ma'ruf Amin. Inas pun menyebut Jokowi sejauh ini hanya terlihat memperhatikan partai-partai koalisinya yang lolos ke parlemen saja.

"Jokowi hanya menghitung kawan berdasarkan kalkulator semata, yakni hanya memandang jumlah suara partai saja," kata Inas ketika dihubungi, Jumat, 25 Oktober 2019. (TERAS.ID/B-11)

Berita Terbaru