Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Mandailing Natal Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pembangunan Perguruan Tinggi Akan Hidupkan Sektor Ekonomi Kemasyarakatan

  • Oleh Norhasanah
  • 27 Oktober 2019 - 13:30 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Pembangunan perguruan tinggi di Kabupaten Sukamara diperkirakan dapat menghidupkan sektor-sekotar lain yang ada di daerah, seperti sektor ekonomi kemasyarakatan.

"Perguruan tinggi itu bukan hanya solusi bagi pendidikan dan penyiapan SDM masa depan, tetapi juga bisa menggerakan sektor-sekor ekonomi kemasyarakat," kata Bupati Sukamara, Windu Subagio, Minggu, 27 Oktober 2019.

"Kalau mahasiswanya banyak, misal seperti yang kita lihat di Malang, jumlah mahasiswanya mencapai puluhan ribu bahkan raturan ribu, dan juga daerah lain. Itu semua sektor hidup," ujarnya.

Menurut Windu, sektor yang sangat berdampak salah satunya adalah rumah kontrakan yang banyak dibutuhkan mahasiswa dari luar daerah, serta laundri atau jasa cuci pakaian.

"Bahkan sampai penjual-penjual bakulnya juga akan berdampak, semua berputar," kata Windu.

Diketahui, bahwa Pemkab Sukamara bersama Politeknik Negeri Pontianak telah melakukan penandatanganan MoU terkait kerjasama mengenai rencana pendirian politeknik yang ditarget akan mulai dibangun pada 2020 mendatang.

"Saat ini kita mau study kelayakan dulu, kalau memang segala sesuatunya memang memadai, maka 2020 bangunannya kita bangun," tuturnya.

Windu berharap agar rencana tersebut bisa berjalan dengan baik sehingga terwujud pembangunan politeknik di Kabupaten Sukamara.

"Mudah-mudahan study-nya lancar dan layak," harap Windu Subagio. (NORHASANAH/B-2)

Berita Terbaru