Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Nabire Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Maju Jadi Kades Jangan Terobsesi Karena Keuangan Desa Besar

  • Oleh Naco
  • 27 Oktober 2019 - 15:46 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Ketua Komisi I DPRD Kotawaringin Timur, Agus Seruyantara mengingatkan bagi siapa saja yang maju jadi kepala desa dalam pelaksanaan pemilihan kepala desa serentak nantinya jangan terobsesi karena keuangan desa yang besar.

"Kami ingin calon kades yang maju untuk memiliki komitmen membangun desa. Orientasi bukan yang lain, terlebih karena terobsesi dana desa  yang begitu besar," kata Agus, Minggu, 27 Oktober 2019.

Menurutnya, kades yang maju hingga dipilih warga setidaknya dapat mengatasi beberapa tantangan, pertama dalam hal percepatan pembangunan di desa sesuai dengan tujuan pemerintah pusat yang menyediakan anggaran cukup besar untuk percepatan pembangunan desa.

Kedua, harapan yang begitu tinggi dari masyarakat desa terhadap kepemimpinan kepala desa dalam hal urusan pembangunan desa.

Ketika kewenangan membangun desa telah diberikan oleh pusat dan didukung oleh transfer dana desa, harapan akan pembangunan desa yang berpihak pada rakyat tidak dapat ditawar lagi. 

"Hal ini tentunya menjadi tantangan sekaligus beban tersendiri bagi kepala desa," tegasnya.

Karena dengan dana transfer pusat yang besar itu pula, nantinya akan terlihat seberapa cepat kepala desa terpilih bisa mengimbangi dengan pembangunan sebelumnya.

"Jika pembangunan tetap berjalan lamban, maka akan memengaruhi pula segala program kerja strategis, masyarakat yang punya hak pilih kami harap jangan asal pilih. Harus pilih kades yang punya komitmen membangun terutama bagi masyarakat yang dalam waktu dekat melaksanakan pilkades,” tandasnya. (NACO/B-2)

Berita Terbaru