Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Ketahanan Pangan dan TP PKK Barito Timur Adakan Festival Pangan Lokal

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 28 Oktober 2019 - 13:12 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Dinas Ketahanan Pangan dan Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Barito Timur mengadakan Festival Pangan Lokal, Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA).

Kegiatan dipusatkan di aula Dinas Pertanian Barito Timur pada hari senin 28 Oktober 2019 dan diikuti oleh peserta lomba dari TP PKK 8 kecamatan di Barito Timur yakni Kecamatan Awang, Benua Lima, Dusun Tengah, Dusun Timur, Karusen Janang, Paju Epat, Paku dan Kecamatan Raren Batuah.

Dalam sambutannya saat membuka festival, Ketua TP PKK Barito Timur Munita Mustika Dewi menyampaikan ketahanan pangan merupakan hal yang penting dan strategis, mengingat pangan adalah salah satu kebutuhan dasar manusia.

"Karena itu pemenuhan pangan merupakan komponen dasar untuk pembentukan sumber daya manusia yang berkualitas," katanya.

Munita mengungkapkan berbagai penelitian membuktikan bahwa tidak ada pangan yang lengkap kandungan gizinya. Karena itu diperlukan pangan yang beragam, bergizi, seimbang dan aman, yang disingkat B2SA.

Munita menyampaikan tujuan dari diadakannya festival pangan lokal B2SA yakni untuk menggali potensi pangan sumber karbohidrat non beras yang berasal dari Kabupaten Barito Timur.

"Yang berikut untuk mengembangkan kreativitas ide-ide makan baru yang sesuai dengan selera masyarakat, memberikan nilai tambah bagi masyarakat yang melaksanakan usaha pengolahan pangan," katanya.

Kegiatan ini juga bertujuan mengangkat citra dan martabat makanan lokal dan pola konsumsi pangan yang beragam, bergizi, seimbang dan aman.

"Festival ini juga untuk mendukung pencegahan terjadinya stunting yaitu kondisi terganggunya pertumbuhan tinggi badan anak dan rendahnya intelegensia anak akibat buruknya asupan gizi sejak dalam kandungan," pungkasnya. (AGUSTINUS BOLE MALO/B-6)

Berita Terbaru