Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Makassar Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sekda Kalteng Ingatkan Hadapi Tantangan Tak Cukup Hanya Rutinitas

  • Oleh Budi Yulianto
  • 28 Oktober 2019 - 13:26 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Sekda Kalteng Fahrizal Fitri melalui Asisten II Setda Kalteng Nurul Edy mengingatkan bahwa merespon peluang dan tantangan pembangunan yang bersifat lokal, regional maupun global tidaklah cukup hanya dengan melakukan kegiatan rutinitas. 

"Melainkan harus melakukan banyak inovasi dengan berbasis pada ilmu pengetahuan dan teknologi," kata sekda dalam sambutannya yang dibacakan Nurul Edy pada rapat desiminasi penguatan sistem inovasi daerah atau SIDa di Aula Bappedalitbang, Jalan Diponegoro, Palangka Raya, Senin, 28 Oktober 2019.

Oleh sebab itu, sekda menekankan pentingnya perencanaan berbasis penelitian dan inovasi dalam pelaksanannya. Artinya, lanjut dia, setiap perencanaan pembangunan dan penyelenggaraan pemerintah kedepan wajib berdasarkan pada hasil penelitian, pengembangan dan inovasi. Sehingga, pengambilan keputusan strategis oleh pimpinan daerah dilakukan secara tepat dan bermanfaat serta bermakna bagi kepentingan publik.

"Terjadinya pergeseran ekonomi berbasis industri menuju ekonomi berbasis pengetahuan menunjukkan bahwa pengetahuan dan inovasi merupakan faktor yang semakin menentukan dalam kemajuan ekonomi suatu daerah,"

"Dengan demikian maka inovasi daerah merupakan faktor yang sangat penting dalam mendukung perkembangan ekonomi dan daya saing daerah," ungkapnya.

Menurutnya, ada beberapa prinsip dasar yang harus dipertimbangkan dalam pengembangan strategi inovasi daerah. Di antaranya, cara berpikir strategis dan konsisten dengan kerangka jangka panjang, strategi inovasi daerah yang menjadi agenda prioritas daerah dan merupakan bagian integral dari strategi pembangunan daerah.

Kemudian, strategi inovasi daerah merupakan kebijakan strategis peningkatan daya saing daerah, berfokus pada potensi terbaik setempat dan terbuka pada ide-ide kreatif yang bermanfaat bagi kemajuan daerah serta menetapkan tujuan yang jelas dan capaian yang rasional.

"Kegiatan ini sangat penting untuk dilakukan agar secara bersama kita dapat menyamakan persepsi dan langkah-langkah strategis. Khususnya rangka menyusun Road Map SlDa sebagai sebuah landasan dan acuan untuk perencanaan strategis pembangunan daerah yang berbasis inovasi di provinsi Kalimantan Tengah," tuturnya. (BUDI YULIANTO/B-5/ADV)

Berita Terbaru