Ini Saran Sekda Kalteng untuk Penguatan Sistem Inovasi Daerah 

  • Oleh Budi Yulianto
  • 28 Oktober 2019 - 13:36 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Sekda Kalteng Fahrizal Fitri melalui Asisten II Setda Kalteng Nurul Edy menyampaikan sejumlah saran dalam rangka penguatan kelembagaan sistem inovasi daerah atau SIDa yang nantinya dituangkan dalam Road Map SIDa Kalteng. 

Ini disampaikan pada rapat desiminasi penguatan SIDa di Aula Bappedalitbang, Jalan Diponegoro, Palangka Raya, Senin, 28 Oktober 2019.

Pertama, mendayagunakan segenap potensi pembangunan secara efisien guna menghasilkan pertumbuhan ekonomi berkualitas secara berkelanjutan.

Kedua, mengembangkan daya saing ekonomi daerah melalui berbagai inovasi daerah secara berkelanjutan. 

Ketiga, memperhatikan sektor-sektor ekonomi lokal yang daya saingnya masih rendah untuk dapat didorong pertumbuhannya dengan membentuk jejaring yang kuat.

Selanjutnya, memelihara daya dukung dan kualitas lingkungan hidup melalui berbagai kebijakan yang sesuai dengan prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan.

Kemudian, menciptakan iklim investasi yang kondusif untuk menarik investor, yaitu dengan meninggalkan budaya birokrasi berlebihan dengan meningkatkan profesionalisme kerja.

Terakhir, memperhatikan kearifan lokal masyarakat Kalimantan Tengan dengan terus mendorong peran aktif masyarakat untuk dapat berpartisipasi dalam pembangunan di segala bidang.  (BUDI YULIANTO/B-5/ADV)

Berita Terbaru