Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Bandar Lampung Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Makna Hari Sumpah Pemuda Bagi Generasi Millenial Kobar

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 28 Oktober 2019 - 16:30 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Pemuda merupakan pemimpin masa depan, maka masa depan bangsa ke depan tergantung pemuda saat ini. Lalu bagimana pemuda saat ini yang disebut sebagai generasi millenial Kotawaringin Barat memaknai Hari Sumpah Pemuda?

Berikut beberapa pendapat dari pemuda millenial Kobar dalam memaknai Hari Sumpah Pemuda ke-91 tahun 2019.

Siswi kelas XI SMK N 1 Pangkalan Bun Adrianti mengatakan, memaknai Hari Sumpah Pemuda, yakni sebagai pemuda harus mempunyai rasa solidaritas yang tinggi, dan saling menghargai.

"Misalnya dalam pergaulan kita senagai pemuda harus bisa saling menghormati pendapat seseorang dan adat istiadatnya," ujarnya, Senin, 28 Oktober 2019.

Hal yang sama diungkapkan oleh Siswi kelas XI SMKN 1 Pangkalan Bun Rany Amanda. Ia mengatakan, putra - putri Indonesia dilahirkan dari ras, suku, agama dan budaya yang berbeda - beda, maka momentum hari Sumpah Pemuda ini adalah tempat untuk merenungkan diri, maju bersama memajukan bangsa meski berbeda - beda.

"Kita harus bangga dengan perbedaan ini, karena hal itulah muncul Bhineka Tunggal Ika di negara Indonesaia yang kita cintai," ungkapnya.

Kedua pemuda tersebut kompak, bahwa makna dari Sumpah Pemuda ialah, semangat juang para pemuda dulu memperebutkan kemerdekaan. Dengan semangat kekeluargaan, persatuan, dan persaudaraan antar sesama, sehingga tidak mudah diadu domba.

"Maka sebagai generasi millenial harus mencontoh semangat juang para pemuda dahulu dalam memperebutkan kemerdekaan Indonesia," tandasnya. (DANANG/B-2)

Berita Terbaru