Pemuda Harus Miliki Kapasitas Intelektual dan Kemampuan Memimpin

  • Oleh Ramadani
  • 28 Oktober 2019 - 21:46 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Pemuda harus memiliki kapasitas intelektual dan skill kepemimpinan, kewirausahaan, dan kepeloporan yang mumpuni. Selain itu, juga harus memiliki inovasi agar mampu berperan aktif dalam pembangunan daerah hingga kancah internasional.

Bupati Barito Utara, Nadalsyah, menyampaikan pesan tersebut saat memimpin upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda di Muara Teweh, Senin, 28 Oktober 2019.

"Pemuda berkarakter tangguh adalah yang memiliki karakter moral dan kinerja beriman serta bertaqwa, berintegritas tinggi, jujur, santun, bertanggungjawab, disiplin, kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas, dan tuntas," kata Nadalsyah.

Kemudian, pemuda yang maju harus memiliki karakter, kapasitas, kemampuan inovasi, kreativitas yang tinggi, mandiri, inspiratif, serta mampu bertahan dan unggul dalam menghadapi persaingan dunia.

Apalagi saat ini di belahan dunia, telah hadir generasi muda yang memiliki pola pikir serba cepat, instan, lintas batas, cenderung individualistik dan gramatik.

Canggihnya ilmu pengetahuan dan teknologi serta mudahnya akses terhadap sosial media telah menjelma menjadi tempat favorit berkumpulnya anak-anak muda lintas negara, budaya, hingga agama.

“Di sinilah diharapkan peran pemuda dapat bersaing dalam bentuk apapun tentunya dalam hal yang positif. Pemuda merupakan masa depan bangsa, negara, dan harapan bagi dunia. Pemuda Indonesia harus maju dan berani menaklukan dunia,” katanya. (RAMADHANI/B-11)

Berita Terbaru