Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Grobongan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Katingan Bisa Jadi Percontohan Kawasan Konservasi di Kalteng 

  • Oleh Budi Yulianto
  • 28 Oktober 2019 - 21:16 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kabupaten Katingan dinilai Bisa menjadi percontohan untuk daerah lain di Kalimantan Tengah, dalam hal pengembangan potensi ekonomi berbasis kawasan konservasi.

"Kami dari BPPT, sejak 2010 mendampingi banyak daerah untuk mengembangkan sistem inovasi daerah," kata Pegawai Pusat Tekhnologi Kawasan Spesifik dan Sistem Inovasi Badan Pengkajian dan Penerapan Tekhnologi (BPPT), Atang Sulaiman.

Hal tersebut disampaikan Atang saat menjadi narasumber pada Rapat Desiminasi Penguatan Sistem Inovasi Daerah atau SIDa Kalteng di Palangka Raya, Senin, 28 Oktober 2019

"Sebetulnya di Kalteng sejak 2012 kami sudah mendampingi dalam hal ini Kabupaten Katingan dan di Katingan boleh dikatakan sebagai percontohan di Kalteng," imbuhnya.

Dia menuturkan, di Katingan sudah mengembangkan potensi ekonomi dengan basis kawasan konservasi. Yang perlu menjadi perhatiannya adalah bagaimana cara konservasi itu tidak hanya menjaga keutuhan lingkungan, tapi juga memberikan dampak ekonomi untuk masyarakat. 

"Kasihan kan kalau mungkin dijaga tapi masyarakat tidak sejahtera. Nah itu yang dibangun di Katingan. Jadi, klaster di Katingan berbasis konservasi," ungkapnya.

Selain hal tersebut, di Katingan juga mengembangkan satu desa inovatif. "Daerah lain bisa mengikuti sebenarnya. Setiap daerah punya potensi. Nah potensi itulah yang harus dijadikan tema unggulan. Keputusan untuk menetapkan tema itu kepala daerah," kata dia.

Atang menambahkan, mengembangkan jaringan inovasi harus memperkuat hubungan antara perguruan tinggi, lembaga litbang, pemerintah daerah, pelaku ekonomi, dan masyarakat. (BUDI YULIANTO/B-11)

Berita Terbaru