Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Banyuwangi Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Facebook dan Instagram Berencana Tambah Fitur Tandai Postingan Hoaks

  • Oleh Inilah.com
  • 29 Oktober 2019 - 06:00 WIB

INILAHCOM, Menlo Park - Facebook dan Instagram mengumumkan rencana menambah fitur baru untuk menandai posting yang kebenarannya diragukan atau hoaks.

Langkah itu dilakukan untuk memerangi peredaran hoaks yang sangat mudah beredar di internet, terutama melalui jejaring sosial.

Menurut penjelasan di Facebook Newsroom, nantinya unggahan Instagram atau Facebook --termasuk foto dan video-- yang terindikasi merupakan hoaks bakal diburamkam supaya tidak bisa dilihat.

Sebuah label turut disematkan untuk memberitahukan pengguna bahwa posting terkait memuat informasi salah atau palsu. Akan ada pula tombol 'See why' yang dapat diklik untuk melihat alasan mengapa posting tersebut ditandai sebagai hoaks.

Untuk menelusuri kebenaran informasi dalam sebuah posting, Facebook mengandalkan jasa pengecek fakta (fact checkers) pihak ketiga.

Selain menandai sejumlah konten yang sudah diunggah, pihak Facebook juga bakal turut mencegah pengguna yang ingin menyebarkan (share) konten yang terindikasi hoaks tadi ke platform lain.

Sebelum mereka membagi konten tersebut, Facebook bakal mencegat pengguna dengan jendela pop-up yang mengingatkan bahwa unggahan itu memang sudah dianggap hoaks oleh para fact checkers.

Meski demikian, pengguna masih bisa membagikan unggahan tersebut dengan mengklik tombol 'Share anyway'.

Masih belum diketahui kapan fitur 'penangkal' hoaks ini bakal digulirkan secara meluas bagi pengguna Facebook dan Instagram. (INILAH.COM)

Berita Terbaru