Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Bandar Lampung Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Perdagangan Bebas di Laut China Selatan Bakal Jadi Perhatian pada KTT ASEAN

  • Oleh Inilah.com
  • 29 Oktober 2019 - 08:20 WIB

INILAHCOM, Jakarta - Negosiasi mengenai kesepakatan perdagangan bebas 16 negara dan kode perilaku untuk Laut China Selatan yang diperebutkan bakal menjadi pusat perhatian pada pertemuan puncak para pemimpin KTT ASEAN di Bangkok, Thailand bulan depan.

Para pemimpin dari 10 negara anggota Perhimpunan Bangsa Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) akan menghadiri pertemuan puncak akhir tahun blok itu pada 2-4 November 2019.

Mereka yang bakal hadir di antaranya Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, Presiden Korea Selatan Moon Jae-in dan Perdana Menteri China Li Keqiang. Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres dan Direktur Pelaksana IMF Kristalina Georgieva juga dijadwalkan hadir.

Sebagai ketua ASEAN tahun ini, Thailand berharap untuk mengakhiri perjalanannya dengan negosiasi tentang Kemitraan Ekonomi Komprehensif Regional (RCEP). Kesepakatan yang telah diolah sejak 2012 itu dipandang oleh sebagian orang sebagai tanggapan keras China terhadap Trans-Pacific Partnership (Kemitraan Trans-Pasifik), negosiasi yang tidak memasukkan China dan berantakan setelah AS menarik diri.

Ke-10 negara anggota ASEAN dan enam negara lain (Australia, China, India, Jepang, Selandia Baru, dan Korea Selatan) merupakan kelompok yang mencakup 45 persen populasi dunia dengan sepertiga PDB global. (INILAH.COM)

Berita Terbaru