Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kab. Malang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Katingan Sebut Daerahnya masih Alami Permasalahan Gizi

  • Oleh Abdul Gofur
  • 29 Oktober 2019 - 13:00 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Bupati Katingan Sakariyas mengatakan, sejauh ini di daerahnya masih mengalami permasalahan gizi.

Demikian disampaikan orang nomor satu di Bumi Penyang Hinje Simpei ini saat membuka acara gemar makan ikan di halaman kantor Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan, Selasa, 29 Oktober 2019.

"Berdasarkan hasil riset dasar khusus Kabupaten Katingan status 2018, tingkat pertumbuhan stunting atau kerdil mecapai 33, 26 persen," ujar Bupati Sakariyas.

Angka ini, katanya, menunjukkan bahwa 1 dari 3 anak tumbuh kerdil, dan hal ini berpotensi menurunkan kualitas hidup dan produktivitas masyarakat.

"Oleh karena itu ikan menjadi salah satu solusi peningkatan gizi masyarakat utamanya pada 1.000 hari pertama kehidupan dan perkembangan otak anak-anak di bawah dua tahun," ujarnya.

Bupati Sakariyas mengatakan, sebagai sumber pangan, ikan memiliki kandungan gizi yang sangat baik, seperti protein sebagai sumber pertumbuhan, asam lemak omega 3 dan 6 yang bermanfaat bagi kesehatan ibu dan anak, pembentukan otak janin, vitamin, serta nerbagai mineral yang sangat bermanfaat bagi ibu dan janin.

Ikan sebagai bahan makanan yang yang mengandung protein tinggi dan mengandung asam amino essensial yang diperlukan oleh tubuh. Di samping itu nilai biologisnya mencapai 90 persen, dengan jaringan pengikat sedikit sehingga lebih mudah dicerna. 

"Hal yang paling penting adalah harganya yang jauh lebih murah dibandingkan dengan sumber protein lainnya," imbuh Bupati Sakariyas. (ABDUL GOFUR/B-2).

Berita Terbaru