Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Lampung Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wakil Gubernur Kalteng Buka Workshop Public Speaking

  • Oleh Budi Yulianto
  • 29 Oktober 2019 - 13:16 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wakil Gubernur Kalteng Habib Ismail bin Yahya membuka kegiatan Workshop Public Speaking di lingkungan pemerintah Provinsi Kalteng. Kegiatan ini berlangsung di salah satu hotel di Palangka Raya, Selasa, 29 Oktober 2019. 

Dalam sambutannya, wakil gubernur mengatakan, era keterbukaan informasi publik ini, kesempatan untuk berbicara di muka umum sangat terbuka lebar. Setiap orang dapat berbicara di muka umum tapi belum tentu semua orang mampu berbicara dengan tepat. 

"Berbicara adalah proses dan seni penyampaian informasi dan gagasan pada orang yang tepat, diwaktu tepat dengan cara yang tepat sehingga mereka mengikuti hal-hal yang diharapkan," kata wakil gubernur. 

Menurutnya, public speaking merupakan proses berbicara kepada masyarakat atau suatu organisasi yang tersusun dan terstruktur dengan baik. 

Public speaking juga merupakan suatu bentuk komunikasi publikasi guna penyampaian pesan atau informasi dalam berbagai bentuk seperti suara, tulisan, lisan, simbol-simbol, gambar dan lainnya. 

"Tujuannya mempengaruhi, mengajak, mendidik, mengubah opini, memberikan kejelasan dan informasi," ungkapnya.

Ia menambahkan, fakto utama dalam public speaking yang sangat diperlukan adalah bahasa. Selain bahasa, lanjutnya, untuk mencapai komunikasi yang efektif juga sangat dipengaruhi oleh ekspresi tubuh saat berbicara.

"Public speaking menjadi salah satu kompetensi yang sangat penting dan harus dikuasai oleh semua aparatur pemerintahan, salah satu caranya adalah melalui kegiatan Capacity Building Workshop Public Speaking seperti sekarang ini," pungkasnya. (BUDI YULIANTO/B-5/ADV)

Berita Terbaru