BPOM Palangka Raya Beri Penghargaan Bintang 1 Keamanan Pangan Kantin Sehat Kepada 12 Sekolah di Kotawaringin Timur 

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 29 Oktober 2019 - 13:56 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan atau BPOM Palangka Raya, Kalimantan Tengah (Kalteng), memberikan penghargaan bintang 1 Keamanan Pangan Kantin Sehat, kepada 12 sekolah di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim). 

"Hari ini kami menyerahkan penghargaan kepada 12 sekolah di Kotim, karena pangan dan jajanan di kantin sekolah tersebut sudah diuji melalui laboratorium keliling, dan semuanya layak konsumsi," ujar Kepala BPOM Palangka Raya Trikoranti Mustikawati, saat kegiatan pemberdayaan masyarakat melalui komunikasi, informasi, edukasi (KIE) obat dan makanan, Selasa, 29 Oktober 2019.

12 sekolah penerima penghargaan tersebut mulai dari tingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat baik negeri maupun swasta. 

Mereka berhasil meriah penghargaan tersebut karena sudah bekerjasama dengan BPOM, untuk melakukan tes sample makanan dan jajanan, baik yang ada di kantin sekolah maupun di lingkungan sekolah. 

Hal itu dilakukan, agar para pelajar yang bersekolah bisa mendapatkan makanan yang aman untuk dikonsumsi dan tidak membahayakan bagi kesehatan. 

"Mudah-mudahan penghargaan ini bisa menjadi motivasi bagi sekolah lain agar melakukan hal yang sama. Sehingga pelajar yang menuntut ilmu bisa mengkonsumsi makanan yang sehat," kata Trikoranti. 

Pihaknya juga rutin melakukan survei dengan sistem sampel terhadap sejumlah sekolah yang ada di daerah ini. Pemeriksaan makanan dan minuman serta jajanan sekolah tersebut untuk kemanan dan kesehatan pelajar. (MUHAMMAD HAMIM/B-5)

Berita Terbaru