Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BPOM Palangka Raya Ingatkan Sekolah Kantin Sehat untuk Pelajar

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 29 Oktober 2019 - 14:16 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan atau BPOM Palangka Raya, Kalimantan Tengah (Kalteng), mengingatkan pihak sekolah agar menyiapkan kantin sehat untuk pelajar. 

"Kami harapkan seluruh sekolah di Kotim, atau bahkan di Kalteng ini untuk menyiapkan kantin sekolah yang sehat. Agar makanan yang dikonsumsi pelajar benar-benar aman dan bermanfaat," ujar Kepala BPOM Palangka Raya Trikoranti Mustikawati, Selasa, 29 Oktober 2019. 

Kemananan pangan kantin sekolah sangat penting. Karena bisa berdampak terhadap tumbuh kembang anak yang nantinya akan menjadi generasi penerus bangsa ini. Jangan sampai akibat pangan tidak sehat, membuat pelajar sakit dan mengganggu kegiatan belajar mereka, hingga berakibat pada ilmu yang didapatnya nantinya. 

"Makanan adalah faktor utama yang harus diperhatikan, untuk kecerdasan pelajar. Oleh karena itu betapa pentingnya kantin sehat di sekolah," kata Trikoranti

Pihak BPOM sendiri sejak setahun yang lalu melakukan pembimbing ke sejumlah sekolah di daerah ini. Baik itu terhadap kepala sekolah, pelajar, dan juga penyedia makanan serta oenjaga kantin. 

Hal tersebut dilakukan, agar di kantin sekolah disiapkan tempat cuci tangan, makanan yang dijual ditutup agar tidak dikerumuni lalat, dan hal lainnya yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan pelajar. 

Untuk mencapai kantin sehat tersebut, harus ada kepedulian semua pihak, mulai dari kepala sekolah, guru, penyedia makanan, penjaga kantin, dan pelajar. Mereka harus memastikan bahwa makanan dan minuman serta jajanan di kantin tersebut benar-benar memenuhi syarat sehat. 

"Inilah upaya kami agar kantin sehat tersebut bisa terwujud. Dan hal itu butuh kerjasama dan kepedulian semua pihak di lingkungan sekolah. Agar pelajar bisa terus terjaga kesehatannya," terang Trikoranti. (MUHAMMAD HAMIM/B-5)

Berita Terbaru