BKKPP Kobar Ingatkan Tidak Percaya Calo Janjikan Meluluskan Peserta Tes CPNS

  • Oleh Wahyu Krida
  • 29 Oktober 2019 - 14:20 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Jelang penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2019, Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan atau BKPP Kobar mengingatkan masyarakat tidak mempercayai pernyataan calo yang menjanjikan bisa meluluskan peserta dalam tes CPNS.

Kepala BKPP Kobar Aida Lailawati, Selasa, 29 Oktober 2019 menjelaskan hal tersebut merupakan penipuan belaka.

"Kondisi seperti ini memang biasa terjadi diberbagai daerah. Bila ada orang yang menjanjikan hal tersebut, sebaiknya tidak usah dipercaya. Sebaiknya laporkan pada BKPP Kobar. Oknum tersebut bisa saja kami laporkam kepada pihak Kepolisian lantaran merupakan tindak kriminal penipuan," tegas Aida.

Pasalnya, lanjut Aida, dalam tes CPNS tidak ada satupun pegawai di BKPP Kobar yang bisa menjamin agar peserta tes bisa lulus.

"Lantaran tahapan dalam tes CPNS sangat panjang. Terlebih dalam pelaksanaan tes digunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) yang hasilnya bisa dilihat secara real time," jelas Aida.

Namun menurut Aida, hingga kini pihajnya masih belum mendapatkan laporan terkait adanya oknum yang melakukan penipuan tersebut.

"Bila ingin lulus tes CPNS sebaiknya persiapkan berkas dan belajar untuk menambah wawasan," jelas Aida. (WAHYU KRIDA/B-5)

Berita Terbaru