Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPRD Barito Utara: Panitia Pilkades Hendaknya Profesional

  • Oleh Ramadani
  • 29 Oktober 2019 - 16:16 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Wakil Ketua I DPRD Barito Utara, Permana Setiawan mengharapkan agar penitia pemilihan Kepala Desa (Pilkades) hendaknya bisa profesional dalam melakukan seleksi para calon.

Menurutnya, dengan panitia yang profesional bisa menciptakan pimpinan di desa yang berkualitas dan dapat memajukan pembangunan.

Selain itu bisa membantu pemerintah dalam memajukan daerah dari sektor pembangunan, kesejahteraan masyarakat, kualitas SDM dan lainnya.

"Untuk itu panitia Pilkades harus dapat menerapkan kualitasnya dalam menentukan para calon, namun juga harus adil dan sesuai aturan," jelasnya kepada borneonews.co.id Selasa 29 Oktober 2019.

Dikatakan salah satu desa yang akan melaksanakan Pilkades serentak di Kabupaten Barito Utara yakni Desa Inu yang bermasalah dengan seleksi calon kades.

Calon kades yang mendaftar 7 orang, namun berdasarkan peraturan maksimal 5 orang, sehingga dilakukan seleksi untuk penentuan 5 orang calon kades yang terpilih.

"Dalam seleksi tersebut terjadi masalah dalam penyeleksian yang diduga tidak profesional, yang mana menurut informasi yang didapat 2 orang yang digugurkan pada pengumuman awal 4 Oktober 2019 dinyatakan lulus, namun tak selang beberapa hari, kedua calon tersebut dinyatakan gugur oleh panitia Pilkades dengan alasan ada kesalahan penilaian," terangnya.

Tentunya hal ini menjadi masalah, sehingga harus segera di selesaikan oleh pihak panitia Pilkades dengan calon yang digugurkan agar ke depan pemilihan kepala desa di daerah tersebut dapat berjalan dengan lancar.

Permana juga mengharapkan agar para calon kades yang tidak terpilih agar berlapang dada dan dapat membantu kades yang terpilih untuk dapat memajukan desa.

"Kades yang terpilih juga diharapkan dapat bekerjasama dengan masyarakat dan menjalankan tugas dan fungsinya sesuai aturan yang berlaku, sehingga tidak terjerat dengan hukum," katanya.

Berita Terbaru