Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Natuna Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Lomba Balita Tingkatkan Kesadaran Masyarakat Barito Utara akan Pentingnya Kesehatan Anak

  • Oleh Ramadani
  • 29 Oktober 2019 - 18:42 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Wakil Bupati Barito Utara, Sugianto Panala Putra mengatakan pelaksanaan lomba balita sehat adalah kegiatan yang ditujukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pembinaan kesehatan anak sejak dini yaitu sejak dalam kandungan hingga usia balita,.

“Hal ini untuk melindungi anak kita dari ancaman kematian dan kesakitan yang dapat membawa cacat serta untuk membina, membekali dan membesarkan potensinya untuk menjadi manusia tangguh, sehingga terjadi peningkatan kualitas sumber daya manusia,” katanya, Selasa 29 Oktober 2019.

Menurutnya lomba balita sehat ini dilaksanakan bukan sekedar merebut prestasi sebagai juara dan meraih berbagai hadiah dan tanda penghargaan semata.

Juga diharapkan agar anak-anak yang berusia di bawah 5 tahun senantiasa sehat dan dapat meningkatkan aspirasi dan memiliki kemampuan baik kecerdasan, inovasi sebagai anak, sehingga anak ini memiliki kualitas mental yang tangguh, bertaqwa dan beriman.

“Untuk itu kepada ibu yang nantinya berhasil dalam melakukan pembinaan kesehatan terhadap anaknya, saya berharap agar menerapkan kembali pengetahuannya tentang pentingnya pemeliharaan kesehatan dan kebugaran fisik mental anak, kepada masyarakat luas, terutama mereka yang memiliki bayi dan balita,” harapnya.

Lebih lanjut Sugianto mengatakan anak usia di bawah 5 tahun merupakan usia dini yang memungkinkan kita membimbingnya secara optimal dalam menumbuh kembangkan anak dalam segala aspek dan sebaliknya sebagai masa kritis kalau tidak dipelihara akan menyebabkan anak tidak bisa berkembang secara fisik dan mental.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Barito Utara, Siswandoyo mengatakan tujuan dari lomba balita sehat ini untuk meningkatkan peran serta puskesmas dalam pembinaan kesehatan dan perkembangan anak sehingga orang tua dan masyarakat dapat berperan aktif. (RAMADHANI/B-6)

Berita Terbaru