Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Cianjur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Sosial Kobar Sosialisasikan Program TKSD dan PSM

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 29 Oktober 2019 - 19:16 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Dinas Sosial Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) mengadakan sosialisasi program Peningkatan Kualitas Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) dan Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) di Kantor Kecmatan Arut Selatan, Selasa 29 Oktober 2019.

Kepala Dinas Sosial Kobar, Akhmad Yadi mengatakan tujuan ditetapkannya TKSK dan dibentuknya PSM adalah untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam mewujudkan penyelenggaran kesejahteraan sosial.

"Akan terlaksananya koordinasi antar PSKS (Potensi dan Sumber Kesejahteraan Sosial) dalam memberikan pelayanan sosial masyarakat," ujarnya.

Terbentuknya TKSK dan PSM juga untuk meningkatkan kerja sama dan sinergi antara program penyelenggaraan kesejahteraan sosial, dengan program pembangunan lain, sehingga terpenuhnya kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan sosial.

Menurutnya saat ini tantangan masalah sosial semakin komplek. Oleh karena itu keterlibatan TKSK dan PSM sangat dibutuhkan pemerintah dan masyarakat dalam penanganan masalah sosial tingkat kecamatan maupun tingkat desa atau kelurahan.

"TKSK dan PSM sebagai potensi dan sumber kesejahteraan sosial perlu ditingkatkan kualitasnya dengan dibekali ilmu pengetahuan, keterampilan serta penguatan sikap. Hal ini yang mendorong kami untuk menyelenggarakan kegiatan sosialisasi ini," jelasnya.

Selain itu agar peserta mengetahui perencanaan dan kebijakan sosial serta penyelenggaran program kesejahteraan sosial di Kobar yang menjadi bekal untuk melaksankan pendampingan program kesejahteraan sosial dan pendampingan bagi pemerlu pelayanan kesejahteraan sosial ditingkat kecamatan, desa, dan kelurahan.

"Sosialisasi TKSK dan PSM ini juga dalam rangka menguatkan program kami yakni Sistem Layanan dan Rujukan Terpadu (SLRT), sehingga semuanya bisa terkoneksi untuk menampung keluhan masyarakat yang tidak mampu," tandasnya. (DANANG/B-6)

Berita Terbaru