Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Bandar Lampung Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Komisi III Kunjungi Calon Kapolri Idham Azis

  • Oleh Inilah.com
  • 30 Oktober 2019 - 08:52 WIB

INILAHCOM, Jakarta - Pimpinan dan anggota Komisi III telah resmi ditetapkan. Seusai penetapan, Komisi III akan langsung mengagendakan uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) calon tunggal Kapolri Komjen Idham Aziz.

"Terkait apa yang akan kami lakukan soal fit and proper test Kapolri, kami berencana kalau sore ini kami telah menerima penugasan Bamus untuk melakukan fit and proper test, maka malam ini juga dalam rapat pleno komisi kami akan meminta pendapat dan persetujuan seluruh anggota seusai mekanisme," kata Ketua Komisi III Herman Herry di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa 29 Oktober 2019.

Herman mengatakan Komisi III akan berkunjung ke kediaman Idham Aziz Rabu 30 Oktober 2019. Komisi III juga akan menerima masukan masyarakat sebelum fit and proper test calon Kapolri dilakukan.

"Jika kami mendapat persetujuan dari seluruh anggota untuk melakukan fit and proper test, maka agendanya adalah besok pagi jam 09.00 WIB kami akan mengunjungi kediaman calon Kapolri untuk melihat latar belakang kehidupan beliau pribadi dan keluarganya.

Setelah selesai kami melakukan kunjungan, mungkin kami akan punya waktu untuk menerima masukan masyarakat, besok juga," ujarnya.

Jika memungkinkan, fit and proper test calon Kapolri akan langsung dilakukan hari itu juga. Dan jika semua anggota Komisi III telah setuju, nama Kapolri terpilih juga akan ditetapkan pada malam harinya.

"Setelah kami mendapat masukan masyarakat, kalau masih memungkinkan, sore harinya kami akan lakukan fit and proper test. Dan jika selesai fit and proper test mungkin malam hari kami akan lakukan penetapan calon Kapolri terpilih yang sudah dibuatkan keputusan tingkat pertama di Komisi III, kemudian hari Kamis (31/10) kami teruskan ke paripurna," jelasnya. (INILAH.COM)

Berita Terbaru