Camp Seluang Mas Potensi Wisata Seruyan

  • Oleh Magang 2
  • 30 Oktober 2019 - 16:36 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Camp Seluang Mas TNTP (Taman Nasional Tanjung Puting)  menjadi salah satu potensi wisata yang dimiliki Kabupaten Seruyan. Kawasan ini dijadikan sebagai tempat pelepasliaran Orangutan yang dikelola Orangutan Foundation International (OFI).

Wakil Bupati Seruyan  Iswanti mengatakan, Pemkab Seruyan menaruh perhatian besar terahadap keberadaan Camp Seluang Mas TNTP sebagai salah satu destinasi wisata yang dimiliki Seruyan.

Menurutnya, Pemkab Seruyan terus berupaya melakukan perbaikan infrastruktur, karena lebih dari 40 persen kawasan TNTP, berada di Seruyan membentang mulai dari sebelah utara yang berbatasan dengan Kotawaringin Barat sampai dengan wilayah selatan berdekatan dengan Desa Perlu Kecamatan Seruyan Hilir.

“Selama ini banyak orang beranggapan bahwa TNTP berada di Kobar, padahal dari 415 ribu hektar luas wilayah TNTP secara keseluruhan, sebagian besarnya berada di Kabupaten Seruyan,” kata, Iswanti, Rabu, 30 Oktober 2019.

TNTP di wilayah  Seruyan memiliki jalur destinasi yang berbeda dengan TNTP yang ada di Kobar, yakni dengan menempuh jalur darat melalui Pembuang Hulu, Kecamatan Hanau, Camp Seluang Mas TNTP dapat ditempuh dalam waktu 45 menit.

 Di Camp Seluang Mas, wisatawan sudah dapat menyaksikan Orangutan dari dekat, terutama saat “feeding time” atau waktu makan pagi dan sore. Selain keunggulan melalui jalur darat, Seruyan juga menawarkan, pilihan melalui jalur sungai melalui tiga sungai terdiri dari Sungai Perlu, Sungai Segintung Dalam, dan Sungai Baung di Kecamatan Seruyan Hilir. (MAGANG 2/B-2)

Berita Terbaru