Korem 102/Pjg Sosialisasi Pembukaan Lahan Tanpa Bakar dengan Sistem Penguraian

  • Oleh Arnoldus Maku
  • 30 Oktober 2019 - 16:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Korem 102/Pjg sosialisasi pembukaan lahan tanpa bakar dengan sistem penguraian.

Pasalnya, kebakaran hutan dan lahan di Kalimantan Tengah masih terjadi secara sporadis. Kendati telah terjadi hujan, masih terdapat sejumlah titik yang terbakar.

Kebakaran yang terus terjadi meskipun tidak masif, pihak Korem 102/Pjg terus melakukan upaya pencegahan dengan beragam cara. Hal ini juga sebagai upaya agar kebakaran masif seperti beberapa waktu lalu bisa dicegah untuk beberapa waktu mendatang.

" Upaya nyata yang dilakukan Korem 102/Pjg adalah sosialisasi dan praktek langsung pembuatan bios 44 untuk pelapukan kayu tebangan saat membuka lahan,"ujar Kasiter Korem 102/Pjg, Letkol Inf. Abd. Salim, Rabu 30 Oktober 2019.

Mewakili Danrem, Salim mengatakan kebakaran hutan dan lahan yang terjadi telah mendatangkan banyak kerugian dalam  beberapa aspek. Apapun motivasinya, membakar hutan dan lahan adalah kegiatan yang merugikan.

" Ada beberapa metode solusi pembukaan lahan tanpa bakar antara lain menggunakan metode penguraian simbukan, cuka kayu dan Bios 44," ujarnya.

Pencegahan karhutla dengan model seperti ini sudah dan sedang gencar dilakukan oleh Korem 102/pjg sehingga bisa turut membantu meminimalisir karhutla di Kalteng pada masa mendatang. (ARNOL/B-2)

Berita Terbaru