Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Trenggalek Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Katingan Apresiasi Lomba Balita Sehat

  • Oleh Abdul Gofur
  • 30 Oktober 2019 - 16:20 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Bupati Katingan Sakariyas mengapresiasi kegiatan lomba balita sehat Indonesia yang digagas pihak Dinas Kesehatan di aula Bappelitbang, Rabu, 30  Oktober 2019.

"Mengingat bahwa anak yang sehat adalah modal sumber daya manusia yang berkualitas," kata Bupati Katingan Sakariyas saat membuka lomba balita sehat Indonesia.

Salah satu strategi pembangunan nasional, kata Sakariyas, yaitu pembangunan sumber daya manusia atau SDM yang berkualitas agar mampu mewujudkan pembangunan nasional yang berkesinambungan, bermanfaat dan berdaya guna bagi bangsa dan negara.

Oleh karena itu, tumbuh kembang anak menjadi perhatian yang serius bagi semua pihak, terutama pada periode 1.000 hari pertama kehidupan yang dimulai dari masa kehamilan sampai anak berusia 2 tahun.

Kegiatan yang mendukung itu antara lain pemerikasaan ibu hamil secara berkala, inisiasi menyusui dini, pemberian ASI eksklusif, pemberian makanan sesuai umur, pemberian suplemen gizi, imunisasi lengkap. 

Dan yang tidak kalah penting adalah pendidikan moral san spiritual dan kondisi lingkungan sosial yang mendukung kelangsungan hidup dan tumbuh kembang serta perlindungan hak-hak anak secara utuh.

"Hal ini sesuai dengan tema Hari Kesehatan Nasional tahun 2019 dengan tema Indonesia sehat generasi unggul," kata Bupati Sakariyas.

Lomba balita sehat Indonesia tingkat kabupaten tahun 2019 merupakan kegiatan yang dilaksanakan untuk meningkatkan kualitas anak Indonesia melalui upaya pembinaan dan pengembagan kesehatan balita. Sehingga anak dapat tumbuh dan berkembang sesuai dengan tahapan usia menjadi anak cerdas dan kreatif.

"Masa balita merupakan masa yang paling penting dan perlu untuk mendapatkan perhatian dalam proalses pertumbuhan dan perkembangan anak," imbuh Sakariyas. (ABDUL GOFUR/B-2).

Berita Terbaru